Gundarma University

Sunday, December 21, 2014

Cara Memasukkan Bunyi di Qbasic dan Bahasa Basic

Halo semuanya senang sekali saya masih dapat meluangkan waktu saya untuk posting di blog ini.
oke langsung saja ke pointnya.

disini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan
 statement sound dan beep/PRINTCHR$(7)



BUNYI 

sebenarnya bisa di hasilkan dengan menggunakan statement BEEP atau PRINT CHR$(7) atau dengan statement SOUND. Namun statement BEEP dan PRINT CHR$(7) hanya menghasilkan bunyi dengan frekuensi 800Hz selama sekitar 1/3 detik. Contoh sintaksnya adalah sebagai berikut

Keterangan:
  •  tanda   '  dan statement REM digunakan untuk memberi komentar. agar tidak dibaca oleh program sebagai sintak  
  • CLS digunakan untuk membersihkan layar. clear screen 
  • PRINT / tanda ? yang di beri warna merah digunakan untuk mencetak kata dan kalimat yang berada dalam " "
  • ? = PRINT
contoh pertama: menggunakan BEEP

CODE :
CLS  
PRINT "APAKAH KOMPUTER SAYA BAIK?"
? "BILA TERDENGAR SUARA BEEP MAKA KOMPUTER ANDA BAIK"
BEEP

OUTPUT NYA:
APAKAH KOMPUTER SAYA BAIK?
BILA TERDENGAR SUARA BEEP MAKA KOMPUTER ANDA BAIK
REM setelah muncul maka akan terdengar bunyi BEEP 1 kali, program berakhir

contoh kedua : menggunakan PRINT CHR$(7)

CODE:
CLS
PRINT "APAKAH KOMPUTER SAYA BAIK?"
PRINT "BILA TERDENGAR SUARA BEEP MAKA KOMPUTER ANDA BAIK"
PRINT CHR$(7)

OUTPUT NYA:
APAKAH KOMPUTER SAYA BAIK?
BILA TERDENGAR SUARA BEEP MAKA KOMPUTER ANDA BAIK
REM setelah muncul maka akan terdengar bunyi BEEP 1 kali, program berakhir

Menghasilkan output yang sama. 


STATEMENT SOUND

sintak dari statement ini sendiri adalah sebagai berikut:

              SOUND frekuensi,durasi

Frekuensi dengan satuan Herzt dapat berkisar dari 32 sampai dengan 32767 (dapat berupa nilai pecahan).Bunyi yang dapat di tangkap oleh telinga manusia normal adalah sekitar 20 sampai dengan 20.000 Hz. Bunyi dengan frekuensi diatas 20.000 Hz adalah bunyi ultrasonik yang sangat memekakkan telinga. Durasi atau lamanya bunyi sekitar 0,055 detik sampai dengan 65535
(dapat berupa nilai pecahan)

contoh program

Keterangan:

  • FREK disini adalah sebuah variabel untuk perulangan for.
  • For disini untuk menambah kan selalu nilai FREK yang awalnya bernilai 37 sampai dengan 2000 dengan penambahan 1. 

CODE:
CLS
FOR FREK= 37 TO 2000
           SOUND FREK, 1
NEXT FREK
OUTPUT NYA:
REM akan menghasilkan suara dari frekuensi 37Hz sampai dengan 2000 Hz

demikian penjelasan yang saya berikan semoga bermanfaat maaf kalau masih ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan. saya juga masih dalam tahap pembelajaran. Jangan lupa untuk sering berlatih dan belajar!

Tinggalkan Komentar :D





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment :

  1. thanks untuk cara memasukkan music di qbasicnya bro

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D