Gundarma University

Tuesday, October 27, 2015

Tutorial membuat musik dengan Fruity Loops


Sebelum kita membuat musik sederhana dengan aplikasi Fruity Loops, baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Fruity Loops.

FL Studio (lebih dikenal sebagai Fruity Loops) adalah sebuah aplikasi untuk komputer yang digunakan untuk merekam, mengubah, dan membuat audio. FL Studio dikembangkan oleh perusahaan asal Belgia bernama Image-Line. Pada tahun 2014, FL Studio termasuk 

aplikasi audio yang banyak peminatnya di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki 4 edisi untuk Microsoft Windows.


Yaitu Fruity Edition, Producer Edition, Signature Bundle dan Groove (Win8). Image-Line juga menawarkan fitur update gratis seumur hidup, yang artinya pembeli akan mendapatkan update FL Studio versi berikutnya dengan gratis. Image-Line juga mengembangkan FL Studio Mobile untuk pengguna IPod Touch, IPhone, IPad, dan Android. Selain FL Studio, Image-Line juga menawarkan produk VST Instruments dan aplikasi audio lainnya. FL Studio telah digunakan oleh beberapa musisi elektronik ternama seperti Afrojack, Avicii, Blasterjaxx, Martin Garrix, dan 9th Wonder.

Setelah mengenal aplikasi Fruity Loops, kita akan mencoba membuat musik sederhana. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Hal Pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka aplikasi Fruity Loops, dalam tutorial kali ini kita menggunakan Fruity Loops v.12.

2. Untuk membuka klik icon Fruity Loops pada desktop atau klik Start – All Program – Fruity Loops 12. Berikut dibawah ini adalah tampilan awal dari Fruity Loops 12.



3. Untuk memulai membuat musik, masukkan komponen efek yang diperlukan. Caranya dengan mendrag and drop dari kiri browser atau klik tombol + dibawah Channel rack. Pada musik yang kami buat, ada beberapa komponen yang digunakan, yaitu Harmor, Kick, Clap, dan DM-CYM-CRS 39. Untuk menambahkan komponen Harmor klik tombol + kemudian klik Harmor dibawah Synth special.
Setelah diklik Harmor, akan muncul tampilan Harmor dibawah ini.
Untuk memasukkan nada Piano pada harmor dengan klik kanan pada Harmor kemudian klik Piano roll.

Setelah muncul tampilan Piano roll, masukkan kunci-kunci nada dengan panjang 8 bit atau sesuai pada gambar dibawah ini dan menyimpannya di Pattern 1.


Berikut musik yang dihasilkan.







Setelah memasukkan nada piano pada Harmor, mulai dengan memberi pattern pada musik Kick dengan selisih interval 2. Simpan pattern ini dengan Pattern 2.


Berikut musik yang dihasilkan.



Setelah membuat Pattern 2, kita mulai dengan membuat pattern 3 yaitu musik Clap dengan pattern seperti dibawah ini.


Berikut musik yang dihasilkan



Kemudian buat Pattern 4 efek Clap dengan jarak pattern lebih rapat dari Pattern 3 untuk membuat efek lebih cepat.
Pada pattern terakhir yaitu pattern 5 kita membuat efek lebih cepat dengan menggunakan efek yang sama dari sebelumnya seperti gambar dibawah ini.


Klik Mixer untuk menggabungkan efek Kick dan Harmor. Untuk memasukkan efek Kick pada Mixer klik Kick kemudian klik kanan pada Insert 1 lalu klik Route selected channels to the track di Channel routing. Untuk memasukkan Harmor lakukan hal yang sama namun pada Insert 2.
Pada Mixer-Harmor, klik Slot 1 kemudian pilih Fruit Limiter.
Untuk membuat efek hentakan pada Harmor, klik COMP kemudian masukkan angka 1 pada SideChain dan atur bagian Ratio dan Knee full sedangkan pada bagian Thres isi ¼ bagian.
Koneksi bagian Kick ke Harmor seperti gambar dibawah ini
Untuk memperbanyak efek Harmor klik kanan pada Harmor kemudian klik Clone.
Tambahkan efek DM-CYM-CRS 39 langsung ke Playlist. Untuk membuat efek reverse pada DM-CYM-CRS 39 dengan membuat Clone dari DM-CYM-CRS 39 kemudian klik Reverse.

Setelah semua efek yang diperlukan telah disetting, susun semua efek pada playlist seperti dibawah ini.


Berikut adalah musik jadi yang dihasilkan..

https://soundcloud.com/nightnocturne
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D