Gundarma University

Monday, January 19, 2015

Mengenal Bahasa Basic (QBASIC)

Oh iya dari kemain kita ngommongin pembuatan program di QBASIC terus ya? tapi belum tau tentang sejarahnya kan??sekarang penjelasan tentang bahasa basic deh terutama software QBASIC yang saya gunakan..

BASIC 

Bahasa basic diciptakan dengan tujuan utma sebagai bahasa awam media perantara antara pemakai berinteraksi langsung dengan komputer. BASIC sendiri adalah singkatan dari "Beginners' All purpose Symbolic Instruction Code". Pencipta dari bahasa Basic adalah John G. Kemeny, profesor dari Darthmouth College dan Thomas E. Kurtz pada tahun 1960.

Bahasa komputer awam disebut juga dengan nama b
ahwa tingkat tinggi (High level language) atau bahasa yang orientasinya ke pemecahan masalah(problem oriented language).

Untuk problem oriented language lainnya, di  dalam membuat program yang paling sederhana pun masih di butuhkan pengetahuan program yang cukup memadai. Lain halnya dengan problem oriented language BASIC, seseorang dapat membuat program yang sederhana dengan hanya bermodal pengetahuan bahasa BASIC yang rendah. Bahasa BASIC relatif lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Bahasa BASIC sejak dari BASIC yang masih standar, telah di kembangkan sedemikian pesatnya. Dewasa ini telah banyak jenis dan versinya dan perkembangan bahasa BASIC. 

Jenis dari bahasa BASIC di antaranya :

- Applesoft BASIC
- CBASIC
- GBASIC
- IBASIC
- KBASIC
- MBASIC
- BASICA
- BASIC ISAM
- Power BASIC
- QBASIC
- dan lainnya..

BASICA adalah jenis bahasa BASIC yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Microsoft Crop. BASICA dikembangkan untuk microprocessor Intel 8086, 80286 dan 80386. Sistem operasi IMB PC DOS dan MS-DOS merupakan sistem informasi yang di buat untuk microprocessor tersebut. Ciri-ciri dari sistem operasi IBM PC-DOS adalah dengan bentuk tampilan.

yang saya gunakan sekarang adalah QBASIC yang sudah lebih nyaman di gunakan dan fitur fiturnya yang di lengkapi dengan shortcut yang mudah seperti CTRL+C ,CTRL+V, CTRL+X dll

oleh karena itu yang saya jelaskan lebih mendalam adalah QBASIC..















ini contoh program yang saya buat, di dalam QBASIC terdapat menu menu yang tersedia yaitu File, Edit, View, Search, Run, dan Options.



Edit




















File





















Search














View



Run



















Option



Untuk softwarenya kalian bisa download di link ini : Download
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D