Gundarma University

Friday, January 2, 2015

Penjelasan Lengkap Tentang Catur

Halo semuanya, kali ini saya akan posting tentang hobi saya. Permainan catur. oke langsung aja ya ke topik hehe :D








Di postingan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Sejarah Catur . Sekarang tentang pengenalan bidak-bidak dalam permainan Catur.


1.Gambar nomor satu: RAJA, King(sebutan dalam bahasa inggris)



Gambar 1.1
Raja merupakan bidak paling penting dalam catur, walau banyak yang di korbankan kita harus tetap melindunginya jangan sampai terjadi check mate (skakmat).  Gambar 1.1 merupakan cara langkah raja, yaitu kesegala arah namun hanya satu langkah saja.
Tetapi pada saat tertentu raja juga bisa melakukan rotate akan saya jelaskan di posting berikutnya.











2.  Gambar nomor 2: Mentri/ Ratu/Queen(sebutan dalam bahasa inggris)


Gambar 2.1
Gambar 2.1 ini merupakan cara melangkah mentri yang sama seperti menggabungkan Benteng, dan Peluncur. Bisa ke atas, kebawah kanan kiri, dan serong kanan kiri.

Mentri juga bidak yang sangat berbahaya karena daya jangkauannya.












3. Gambar nomor 3: Gajah/Peluncur/Loper/Bishop(sebutan dalam bahasa inggris)


Gambar 3.1
Peluncur merupakan bidak yang jalannya serong sesuai warna yang di tempatinya dan tidak dapat berganti warna. contoh peluncur yang saya gunakan di gambar 3.1 adalah peluncur putih dengan warna jalannya di papan warna putih saja, jadi peluncur ini tidak bisa berganti warna menjadi peluncur hitam.

dalam dua kubu catur masing masing terdapat dua jenis peluncur, yaitu peluncur dengan jalan hitam dan peluncur dengan jalan putih.








4. Gambar 4: Kuda/Knight(namanya dalam bahasa inggris)


Gambar 4.1
Pada gambar 4.1 kita dapat melihat cara jalan kuda yang sangat berbeda dengan bidak bidak lain, yaitu dengan pola huruf "L".

Kuda merupakan bidak yang paling saya suka dan sangat keren menurut saya, karena kuda ini bisa melakukan Skak-ster(mengancam Raja dan Ratu sekaligus). dan masih banyak lagi kegunaan kuda yang menurut saya itu sangat mengerikan, apa lagi kalau di padukan dengan bidak bidak lain.









5. Gambar nomor 5: Benteng/Sebum/Rook(sebutan dalam bahasa inggris)

Gambar 5.1
Cara jalannya seperti yang saya telah gambarkan di gambar 5.1. Benteng ini merupakan bidak dengan cara jalan ke atas, ke bawah, kiri dan kanan saja.















6.Gambar nomor 6: Anak, Pion, Pawn(sebutan dalam bahasa inggris)


Gambar 6.1
Pion, merupakan bidak yang hanya bisa berjalan 1 langkah kedepan bila sudah masuk ke daerah musuh, namun saat pertama pion bisa melangkah dengan 2 kotak kedepan seperti yang saya gambarkan pada gambar 6.1. 

cara makan pion berbeda dengan cara melangkahnya, yaitu dengan menyerong. seperti yang di tunjuk oleh panah hitam.











Sekian penjelasan yang saya berikan maaf kalau ada kata kata yang salah. Selebihnya saya akan menjelaskan di postingan catur berikutnya :DD

Terimakasih sudah membaca, jangan lupa meninggalkan komentar ya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments :

  1. buat masukan aja. chapchanya ganggu kalo mau comment jadi ga bebas buat komentar. tapi udah bagus~ just share

    ReplyDelete
  2. caranya gimana? mungkin kalo buat Anonymous aja kali yg pake captcha ya? coba pake akun gmail atau yang lainnya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D