Gundarma University

Tuesday, June 28, 2016

Apa itu 4ICU?



4ICU adalah suatu search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.



Apa yang menjadi acuan 4ICU dalam menilai sebuah Universitas?

Peringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet yang dilakukan oleh 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow. Pada Tahun 2015 ini tercatat 11.307 perguruan tinggi dari 200 negara yang dinilai 4ICU.
Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya masing-masing, memiliki program sarjana dan atau pascasarjana, serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran.



Langkah langkah apa saja yang di lakukan 4ICU dalam menilai sebuah universitas?

1) Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data
2) Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers)
3) Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi
4) Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO
5) Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.


Perbedaan Penilaian Universitas 4ICU dengan Webometric 

Jadi kalau kita lihat penilaian 4ICU dan WEBOMETRIC ada perbedaan :

Webometric : Dengan empat indikator penilaian yaitu size atau ukuran keterjangkauan, yakni jumlah halaman yang dapat di akses Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.


4ICU : Menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow. 

Maka kalau kita perhatikan Rating / Ranking Universitasnya akan terdapat perbedaan juga karena dari sistem algoritma 4ICU dan Webomometric yang memiliki konsep yang berbeda.


4ICU, Data Universitas terbaik di Indonesia 




4ICU, Data Universitas Terbaik di United Kingdom / Inggris




4ICU, Data Universitas Terbaik Singapur 



sumber: 
http://www.4icu.org/gb
pemeringkatan.ub.ac.id/layanan/analisa-peringkat-internasional/4icu/





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment :

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D