Gundarma University

Wednesday, January 23, 2013

Mengetahui Teknik Hacker

Telah banyak cara membersihkan nama hacker di tengah masyarakat awam. Tidak hanya para hacker tapi juga orang-orang yang sedikit paham dengan dunia hacker mencoba untuk melindungi nama baik hacker. Tapi semakin banyaknya kejahatan dunia maya, membuat nama hacker semakin tergelincir ke jurang hitam.
Ada kesepakatan bahwa hacker adalah ‘pembobol’ jaringan dengan niat baik untuk menguji apakah jaringan sudah bagus atau belum. Lalu, melaporkan hasil temuannya kepada administrasi jaringan. Sedangkan pembobol jaringan dengan niat jahat disebut cracker.Baik teknik hacker maupun cracker sama saja. Hanya pemanfaatan hasil dari pembobolan itu saja yang berbeda.


Dunia Hacker dan Cracker

Hacker memang bisa menjadi cracker terutama kalau hasil dari pembobolan jaringan itu merupakan uang milyaran rupiah. Bayangan keindahan dan kemudahan hidup dengan memiliki uang banyak itulah yang membuat seorang hacker akhirnya hanyut juga menjadi cracker.
Dengan menggunakan jurus sendiri, tidak mudah mengetahui seorang hacker. Kadang seorang hacker pun agak susah mengenali seorang hacker secara fisik. Maklum dunia maya membuat seorang hacker bisa berubah bentuk kalau sudah berada di dunia nyata.
Kenyataan inilah yang membuat dunia hacker dan cracker menjadi dunia sendiri dengan teknik hidup sendiri juga. Hacker sejati akan selalu bersosialisasi dan tidak pelit berbagi ilmu demi menyelamatkan kepentingan orang banyak.
Para pembelajar sejati ini rela menghabiskan dana, waktu, energi untuk membuat suatu jaringan menjadi semakin kuat. Mereka sangat tahu bahwa nasib orang-orang yang tak berdosa ada di pundaknya.

Teknik Hacker dan Cracker yang Terkenal

Teknik apa saja yang sering dilakukan seorang cracker? Karena keuntungan materilah yang dicari, maka teknik yang digunakan oleh para cracker adalah sebagai berikut.
  • Membobol ATM dengan cara skimming PIN nasabah.
  • Membobol kartu kredit baik yang diterbitkan oleh bank dalam maupun luar negeri.
  • Membobol billing warnet sehingga tidak harus membayar mahal biaya ngenet.
  • Membobol dotcom.
Seorang hacker sangat paham apa yang diinginkan seorang cracker. Hacker akan berusaha menggunakan teknik yang sama tapi karena tujuannya berbeda, maka para hacker akan memperkuat jaringan setelah membaca dan memperkirakan apa yang akan dilakukan oleh para cracker.
Tidak jarang dunia hacker dan cracker ini seperti dalam sebuah film di mana mereka saling berkompromi dan bernegosiasi demi harga diri atau segenggam berlian nan menggiurkan.
Intinya kalau seorang hacket tetap lebih unggul dari para cracker, maka amanlah dunia maya dari kejahatan. Tapi kalau cracker berada di atas angin, maka tunggulah pemberitaan tentang banyaknya masyarakat yang dirugikan oleh kejahatan dunia maya.
Dengan maraknya perkembangan internet, mau tidak mau kebutuhan akan hacker semakin meningkat. Semoga saja Indonesia tidak lagi memproduksi para cracker tapi menumbuhkembangkan para hacker yang menjadi bodyguard dunia perinternetan.
Untuk teknik hacker lebih lanjut, temukan di berbagai situs. Baik hatinya para hacker telah membuat orang awam pun bisa belajar hacking secara gratis. Asal mau, maka pengetahuan itu mudah didapat.

Contoh Teknik Pekerjaan Hacker yang Baik

Setelah mengkaji secara sederhana tentang paradigma teknik hacker dan cracker yang disebutkan mukaddimah tulisan ini, tak salah bila penulis juga menampilkan teknik pekerjaan hacker yang baik. Penulis bilang baik, karena ia bisa membantu siapa saja yang menggunakan langkahnya.
Di antara pekerjaan hacker yang baik adalah, meningkatkan kecepatan browser. Browser di internet cukup banyak. Yang populer cuma empat. Yaitu, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Chrome. Karena ruang untuk mengupas cara kerja hacker bisa mempercepat kecepatan browser, maka penulis memilih hanya dua saja. Yaitu, mempercepat kecepatan browser Mozilla Firefox dan chrome.
Berikut ini, cara mempercepatnya:
  1. Di address bar, ketiklah about:config, laku tekanlah tombol Enter di keyboard Anda.
  2. Jika muncul tombol tulisan, I’ll be careful, I promise I, maka kliklah.
  3. Maka filter bar yang terdapat di Mozilla, yang posisinya berada di bawah tab yang Anda buka, ketiklah pipelining.
  4. Bila sudah terbuka, maka  klik dua kali tulisan  network.http.pipelining sehingga settingannya berubah menjadi true.
  5. Setelah itu, ubah juga settingan  network.http.pipelining maxrequest dengan cara mengkliknya. Maka akan keluar kotak dialog, maka isilah kotak dialog dengan angka 10-30. Atau ketik saja 30, agar lebih maksimal.
  6. Setelah itu, tutuplah browser Anda.
  7. Maka Anda bakal merasakan perbedaan ketika nantinya membuka browser mozilla. Kecepatan lebih cepat dari sebelumnya.
Apakah untuk mempercepat kecepatan chrome juga sama? Jawabannya, tidak. Mekanismenya berbeda. Anda penasaran dan ingin tahu caranya? Lakukanlah hal-hal berikut ini.
  • Bukalah Google Chrome Anda.
  • Lalu bukalah tool Options atau jika Google Chromenya berbahasa melayu atau Indonesia, maka tulisannya Setelan. Kliklah kata tersebut.
  • Jika Anda menggunakan Google Chrome berbahasa Inggris, maka klik Tab Under the Hood.  Pada bagian privacy, hilangkan tanda ceklist pada kotak Predict network action to improve page lead performance.
Jika meggunakan Google Chrome berbahasa Indonesia, maka buka semua tab yang ada di Setelan. Setelah telah ketemu dengan tab privasi, maka hilangkan tanda cek list pada kotak Prediksi tindakan jaringan untuk meningkatkan kinerja pemuatan laman.
  • Setelah itu, kliklah tombol close dan restart Google Chrome Anda.
Inilah salah satu pekerjaan hacker yang baik. Masih adakah yang lain? Masih banyak. Misalnya saja mengembalikan data dari CD/DVD yang rusak, melindungi data komputer dengan TrueCrypt dan lain-lain.

Contoh Teknik Pekerjaan Hacker yang Buruk

Cukup banyak sekali teknik pekerjaan hacker yang buruk. Di antara membuat virus trojan. Trojan sebenarnya bukan virus, tapi cara kerjanya lebih dahsyat dari virus. Dapat ia dapat memprokporanda ruang hard disk pada root drive atau yang biasa disebut dengan ruang C.
Cara kerja trojan cukup cepat sekali. Trojan dapat menyedot ruang di hard disk sampai sekitar 1 GB untuk setiap menit dijalankan  bila Trojan telah menguasai ruang 100 persen, maka tidak bisa dibasmi dengan antivirus. Pasalnya, ia sudah menciptakan file dengan ukuran yang sangat besar dalam folder Windowssystem 32 dengan ekstensi. Sehingga untuk menghilangkannya hanya dapat dilakukan dengan reformating drive.
Belum lagi melihat pekerjaan hacker yang dapat merusak situs orang lain, dapat membongkar password dengan menggunakan Cain dan Abel, dapat menonaktifkan antivirus milik orang lain melalui internet dan mengirimkan virus tanpa pengetahuan pemilik laptop dan masih banyak yang lainnya.
Penulis memang tak ingin menunjukkan salah satu kejahatan para hacker. Karena mengajarkan satu kejahatan jika dilakukan orang terus menerus, maka dosanya akan penulis rasakan juga selama orang terus menggunakan cara tersebut. Maka dari itu, penulis hanya menganjurkan kepada sobat Ahira, untuk tidak menjadi hacker.
Benar, kepuasan akan Anda dapatkan ketika membobol atau merusak program orang lain. Tapi kepuasan tersebut hanya kesenangan sesaat. Anda bisa membobol situs orang lain, tapi yakinlah perbuatan tersebut akan berbalas kepada Anda. Anda bisa membobol akun email seseorang dengan program yang dimiliki hacker, namun yakinlah suatu saat Anda juga bakal merasakan yang sama.
Meski Anda mengerti mengembalikannya karena Anda juga pernah membobol akun orang lain, namun percayalah ilmu Anda belum seberapa. Masih ada hacker lain yang lebih pintar dan bahkan memiliki cara lain yang tidak Anda ketahui. Sehingga, ketika Anda ingin menyelamatkan akun kembali ternyata caranya tidak sama.
Penulis sendiri pernah merasakan ketika berhasil membobol website orang lain. Enam bulan kemudian, website pribadi penulis dihack oleh orang lain. Penulis terus mencoba untuk mengembalikannya. Ternyata gagal. Meski penulis telah menggunakan cara pengaktifannya dengan baik. Tahukah Anda kenapa penulis gagal? Ternyata, cara menghack yang dilakukan oleh hacker tersebut lebih canggih dari apa yang penulis lakukan.  Ilmu penulis belum ada apa-apanya dibanding dengan hacker tersebut.
Meski website bisa kembali, namun tetap saja penulis butuh berhari-hari untuk mengaktifkan akun, agar bisa membuka website dan mengembalikannya seperti semula. Oleh karena itu, penulis tak ingin mengajarkan yang tidak baik kepada sobat Ahira. Cukuplah yang baik-baik saja penulis lakukan. Karena dari pengertian hacker di atas, tak selamanya hacker itu buruk. Penulis pun ingin mengajarkan cara hacker yang baik-baik saja kepada para pembaca.
Inilah artikel sederhana yang mengupas tentang teknik hacker dalam pekerjaannya, ada yang baik dan ada yang buruk. Semoga bermanfaat untuk sobat Ahira.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 comments :

  1. Pertamax Gan!
    Ane mau nanya nih, Itu kan mempercepat kecepatan mozila atau google chorome ya? tp kuota internet kita cepet abis juga atau gmna nih gan?
    Berpengaruh gk gan?

    Cendolnya mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bro, ya tergantung kalo lu download file ukuran besar atau streaming ya pasti abis lah kuota lu haha

      Delete
    2. makasih udah berkunjung di blog gue bro :D

      Delete

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D