Gundarma University

Wednesday, December 19, 2012

The Hunger Games

The Hunger Games

“Dua puluh empat peserta. Hanya satu pemenang yang selamat.”
The Hunger Games merupakan novel karyaSuzanne Collins yang diluncurkan pada tanggal 14 September 2008 di Amerika (bulan Oktober 2009 di Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama) dan menjadi buku Best Seller disana.



The Hunger Games mengambil setting di masa depan ketika Amerika Utara hancur dan terbentuklah satu wilayah baru yang bernama Panem. Panem merupakan wilayah yang terdiri dari 12 distrik miskin dan dipimpin oleh pemerintahan yang kaya namun serakah dan bengis , yaitu Capitol.
Tiap tahunnya, Capitol menggelar event meriah yang dinamakan Hunger Games. Hunger Games merupakan permainan yang diusung oleh Capitol untuk mengingatkan para penduduk distrik bahwa tidak ada satupun yang bisa memberontak dan mengalahkan Capitol.
Setiap distrik akan mengorbankan 2 anak (laki-laki dan perempuan) yang berusia 12-18 tahun dan nantinya akan dibawa ke Capitol untuk dilatih, dan akhirnya ditaruh di satu arena yang memaksa mereka untuk membunuh satu sama lain. Peserta yang terakhir bertahan, maka akan dijadikan sebagai pemenang, dan dia beserta distriknya akan mendapatkan persediaan makanan selama setahun.
The Hunger Games bergenre Science Fiction dan memakai sudut pandang pertama, yaitu sudut pandang sang tokoh utama, Katniss Everdeen. Pembaca akan dibawa langsung kedalam pikiran dan emosi Katniss saat ia menempuh pengalamannya menjadi salah satu penduduk distrik yang terpilih menjadi peserta The Hunger Games.
Yang menarik dalam buku The Hunger Games ini ialah bagaimana sang penulis mampu memasukkan berbagai bidang kehidupan, seperti sosial, politik, kemanusiaan, dan ekonomi kedalam cerita fiksi yang karakternya kebanyakan remaja. Buku ini sangat bagus sekali menurut saya baca novel dan lihat filmnya ya ☺
Jangan ketinggalan filmnya! :D hehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D