Gundarma University

Wednesday, December 19, 2012

Trilogi Hunger Games ( Mockingjay )


Mockingjay
“Menentang Capitol dalam Hunger Games memberikan titik awal pemberontakan. Sekarang Katniss harus menjadi pemimpin yang sesungguhnya, wajah, suara, perwujudan revolusi.”







Mockingjay merupakan seri terakhir dari Trilogi The Hunger Games, yang merupakan cerita lanjutan buku pendahulunya, Hunger Games dan Catching Fire.Seri penutup Trilogi The Hunger Games ini diterbitkan tanggal 24 Agustus 2010 di Amerika (Januari 2012 di Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama ) dan berhasil membuat para pembacanya terpukau.

Mockingjay menceritakan kejadian pasca Quarter Quell yang arena-nya dilahap habis oleh api dan tokoh utamanya, Katniss Everdeen, berhasil diselamatkan oleh Distrik Pemberontak, yaitu Distrik 13. Para peserta pemenang yang tergabung dalam distrik pemberontak menjelaskan kepada Katniss bahwa mereka telah merancang revolusi Panem untuk menggulingkan Capitol. Penduduk Distrik Pemberontak meminta Katniss untuk menjadi simbol pemberontakan mereka; menjadi seorang Mockingjay.

Maka dimulailah hari dimana Katniss dilatih dan bertarung bersama Distrik 13 untuk menjatuhkan pemerintahan Capitol. Dan Tanpa Katniss sadari, secara tersirat ia memiliki rasa pada Peeta Mellark, yang merupakan teman sesama pemenang, yang diculik oleh Capitol dan menjadi tawanan untuk mengecoh Katniss dan para pemberontak.

Pemberontakan pun makin merajalela di distrik-distrik untuk menjatuhkan Capitol. Dan tiba saatnya Katniss untuk berhadapan dengan Presiden Snow, pemimpin dari Pemerintahan Capitol, juga dengan kenyataan pahit yang akan dihadapi Katniss selanjutnya.


Peeta berhasil diselamatkan tapi tidak lagi mengingat Katniis. Cintanya hilang bersama metode cuci otak yang dilakukan Capitool. Peeta kesulitan membedakan fakta nyata dan tidak nyata.

Tapi Katniis yang sudah kehilangan adiknya mampu menggugah kesadaran Peeta. Tapi hidup memang tidak mudah, Peeta atau Gale. Akhirnya, Katniis sadar, yang dia butuhkan untuk bertahan hidup bukanlah api, karena dirinya sendiri sudah penuh api. Yang dia butuhkan agar bisa melanjutkan hidup adalah bunga dandelion di musim semi. Warna kuningnya menjadi perlambang kelahiran kembali. Jadi, Peeta atau Gale?
Banyak konflik yang disuguhkan di buku Mockingjay yang membuat para pembaca-nya terlilit emosi yang dirasakan oleh Katniss. Kita seolah-olah merasakan apa yang tokoh utama rasakan, apa yang ia pikirkan dan apa yang akan diperbuatnya. Suzanne Collinsberhasil mengemasnya dengan rapi dalam buku terakhir ini.


Mockingjay Novel


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D