Gundarma University

Monday, December 31, 2012

Tips Membeli Tripod: Beberapa Fitur Penting Untuk Pertimbangan

Tripod seringkali menjadi perlengkapan wajib dalam fotografi, di artikel terdahulu saya sudah membahas 12 alasan kenapa sebaiknya anda membeli tripod. Nah di artikel ini kita akan mendalami fitur apa saja yang perlu anda evaluasi sebelum membeli tripod.


Berat Tripod



Seberapa berat tripod anda? Tripod yang lebih berat memberi stabilitas ekstra namun kalau terlalu berat juga bisa menyiksa saat dibawa-bawa. Jika anda hanya menggunakan tripod di rumah atau untuk pemotretan studio anda bisa membeli tripod terberat yang anda mau, namun saat dibawa jauh ke pantai atau ke gunung, cobalah cari tripod dengan bahan alumunium atau serat karbon yang jauh lebih ringan.
Kapasitas Beban

Sebelum membeli tripod cobalah hitung berat beberapa alat anda: body kamera, lensa terberat yang anda miliki, flash (kalau perlu) serta tripod head (kalau tripod yang akan dibeli tidak memiliki head bawaan) kemudian jumlah keseluruhan berat alat-alat tadi. Sekarang coba cari tripod dengan spesifikasi kapasitas beban sedikit diatas total berat alat anda tadi. Banyak tripod yang ada dipasaran dirancang agar kuat menahan beban berat, namun kalau anda hanya memiliki peralatan ringan buat apa mengeluarkan ekstra uang untuk membeli tripod yang kapasitasnya jauh melebihi kebutuhan anda.
Kepala Tripod (Head) Built-in

Jika tripod yang akan dibeli memiliki head bawaan, periksa kestabilan dan kekokohan head. Tripod head yang kurang bagus biasanya masih “mengangguk” sedikit meskipun semua kuncian sudah dikencangkan.


Tripod Head Terpisah

Jenis tripod yang lebih mahal justru tidak menyediakan head bawaan, mereka hanya memberi sekrup dimana head eksternal bisa dipasang dan anda masih harus membeli head terpisah. Jenis tripod yang hanya berwujud kaki-kai ini memberi beberapa keuntungan:

Kita bisa membeli jenis head yang sesuai kebutuhan
Kita bisa memakai head berbeda yang sesuai dengan situasi pemotretan yang berubah-ubah, misalnya saat menggunakan kamera untuk videografi tentu butuh head yang berbeda dengan saat memotret

Baca artikel ini Tips Memilih Tripod Head: Ball Head vs Pan Tilt Head yang lebih detail membahas kepala tripod.
Kolom Tengah

Beberapa tripod memiliki kolom (kaki kecil) tambahan yang ada ditengah, biasanya bisa ditarik keatas. Kolom ini memang bisa menambah ketinggian tripod, namun juga bisa mengurangi kestabilan saat dipakai di kondisi berangin misalnya.
Tinggi Tripod

Tripod tersedia dengan bermacam ketinggian maksimum. Makin besar ketinggian maksimum tripod makin banyak jenis situasi pemotretan yang bisa di cover. Namun juga makin besar dan berat tripo tersebut sehingga makin tidak portabel. Cari yang seduai kebutuhan anda.
Kaki Yang Bisa Direntangkan

Beberapa tripod memiliki kaki yang bisa direntangkan sehingga bisa dipasang di permukaan yang miring, kalau anda banyak memotret landscape ini bisa menjadi keuntungan.

Jumlah Segmen Kaki

Jumlah segmen (potongan) kaki sebuah tripod bisa dua atau tiga atau bahkan empat. Makin banyak segmen makin kecil kaki tripod di bagian paling bawah sehingga lebih tidak stabil, namun banyak segmen juga membuat tripod makin ramping sehingga makin enak dibawa-bawa.


Gantungan Beban

Beberapa tripod memberi sebuah kait di kolom tengah bagian bawah, kait ini bisa kita pasangi beban tambahan untuk menambah kestabilan saat diperlukan misalnya saat kita memotret dicuaca berangin kencang atau saat anda memotret ditengah sapuan ombak. Anda bisa menggantungkan kantong berisi pasir atau bahkan tas kamera dikait ini sehingga tripod makin mantab berdirinya. Jika dirasa perlu, carilah tripod yang menyediakan fitur ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar tentang blog ini dan artikel artikelnya, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, amin :D